Halaman

Jumat, 12 Agustus 2011

MANAJEMEN KURIKULUM Oleh : Sulchan Habib



       I.            Pendahuluan
Kurikulum adalah suatu sistem yang mempunyai komponen-komponen yang saling berkaitan erat dan menunjang satu sama lain. Komponen-komponen kurikulum tersebut terdiri dari tujuan, materi pembelajaran, metode, dan evaluasi. Dalam bentuk sistem ini kurikulum  akan berjalan menuju suatu tujuan pendidikan dengan adanya saling kerja sama diantara seluruh subsistemnya. Apabila salah satu dari variabel kurikulum tidak berfungsi dengan baik maka sistem kurikulum akan berjalan kurang baik dan maksimal.

METODE INDUKTIF DAN PEMAHAMAN HADITS Oleh: Sulhan Habib.



       I.            Pendahuluan
Dalam meneliti kebenaran hadist tidak hanya cukup dengan meneliti sanad hadits, akan tetapi harus dilanjutkan pada penelitian matan. Sebuah hadits walaupun dalam  segi sanadnya  berkualitas shahih akan tetapi keberadaanya masih belum bisa sepenuhnya dikatakan falid. Beberapa telaah matan lanjutan juga harus dilakukan untuk menguji kebenaranya.

METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF Oleh: Sulchan Habib

        I.            Pendahuluan
Dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, siswa kebanyakan masih berkopetensi secara individual, bersikap tertutup kepada teman, kurang memberi perhatian kepada teman, dan sangat kurang peka sosial. Jika keadaan seperti ini tetap dibiarkan, tidak mustahil akan menghasilkan warga negara yang egois, inklusif, kurang bergaul dalam masyarakat, dan acuh tak acuh terhadap lingkungan. Gejala seperti ini kiranya sudah mulai terlihat dalam masyarakat Indonesia

PENDIDIKAN ISLAM MASA KEMUNDURAN


PENDIDIKAN ISLAM MASA KEMUNDURAN
Oleh: Sulhan Habib, A. Qomarudin, , As’ad Badrudin

I.          Pendahuluan
Pendidikan Islam secara khusus tidak dapat disamakan dengan makna pendidikan secara umum. Pendidikan Islam dikenal dan diyakini oleh penganut agama Islam sebagai suatu kegiatan pendidikan yang bersumber dari pokok ajaran Islam (al-Quran) dan al-Hadits sebagai penjelasnya. Pendidikan Islam yang mulai dirintis sejak turunnya wahyu pertama kepada Nabi Muhammad SAW mengalami pasang dan surut seiring dengan perjalanan panjangnya melintasi ruang dan waktu hingga masa sekarang.

MEMAKSIMALKAN BAHSUL MASAIL DENGAN DESAIN TEKNOLOGI PENDIDIKAN


        I.            Problem Dalam Metode Bahsul Masail
Bahtsul masail adalah salah satu metode pembelajaran yang sangat familier di kalangan pondok pesantren salaf. Hampir seluruh pondok pesantren salaf di Indonesia menerapkan metode pembelajaran ini dalam sistem pengajaran materi fiqih. Cuma dalam pelaksanaanya terkadang dilakukan dalam satu minggu sekali, karena selain untuk membuat soal dan tema yang akan dibahas juga untuk persiapan para santri dalam merumuskan jawaban.

Mengenai Saya

Foto saya
Sulhan Habib adalah mutakharrij pondok APIS Blitar dan sekarang sedang menempuh S1 di STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.